Pasang sendiri MATV di kantor anda,siapa takut…

23 Mei

Wah jika bicara mengenai MATV system sepertinya terdengar wahhhh gitu,padahal sih ga sebegitunya kaliii. Mari kita kupas apa dan mengapa mengenai MATV ini.

MATV sebenarnya sih cuma singkatan aja dari Mast Antenna Television yang berarti TV dengan jaringan antena bersama yang pada awalnya berasal dari antena teresterial atau antena TV lokal biasa.

Seiring dengan perkembangan jaman maka muncul pula yang disebut CATV atau Cable Antenna Televisi atau televisi kabel gitu dan ada satu lagi yang termasuk bagian dari sistem ini adalah TV Satellite yang kesemuanya berbasis hiburan keluarga berbasis televisi.

Komponen utama dari sistem televisi ini adalah :

  1. Unit penangkap siaran (Capture content : Antena UHF/VHF).
  2. Unit Penguat Siaran.
  3. UnitPembagi Distribusi.
  4. Unit Penampil .

Adapun penjelasan rinci dari masing – masing bagian tersebut adalah :

  1. Unit penangkap siaran.

Bagian ini berfungsi menangkap siaran televisi lokal di kota anda, biasanya terdiri dari Antena VHF atau Antena UHF, dan pastinya berbentuk yagi .

Sinyal gambar yang ikut dengan frekuensi pembawanya dipancarkan oleh stasiun pemancar televisi dan diterima oleh antena ini untuk diteruskan ke bagian penguat Antena atau Mast Amplifier.

2. Unit Penguat Siaran.

Unit ini disebut Mast Amplifier yaitu unit penguat antena televisi yang bertugas memperkuat sinyal penerimaan pada antena televisi anda.

Sinyal gambar dan suara yang telah di kuatkan ini dikirim ke unit pembagi atau splitter sebelum di distribusikan ke televisi yang ada di kamar – kamar atau ruang kerja di kantor anda.

3. Unit Pembagi Distribusi

Jika anda hendak menghubungkan beberapa televisi agar terhubung dengan jaringan televisi di rumah atau kantor anda maka anda membutuhkan apa yang di sebut splitter. Splitter ini berfungsi sebagai unit pembagi dari sinyal RF yang berisi data gambar dan suara agar dapat diterima sama baiknya disemua televisi yang ada di

ruang kerja atau kamar anda. Pada dasarnya Splitter ini hanyalah kopling sinyal yang menggunakan RF kopling dengan tujuan jika suatu saat ada kabel antena ( coaxial) yang rusak atau short terhubung singkat maka tidak mempengaruhi tampilan Televisi yang lainnya.

4. Unit Penampil

Sinyal gambar dan suara ini di tala berdasarkan channel dan stasiun pemancar dengan menggunakan tuner internal pada Televisi anda. Untuk selanjutnya di ubah lagi menjadi bentuj Visual Audio yang berisi konten acara.

Demikianlah uraian singkat tentang MATV, nanti kita posting lagi hal mengenai MATV kelas professional yang menggunakan headend dan lengkap dengan modulator nya.

Satu Tanggapan to “Pasang sendiri MATV di kantor anda,siapa takut…”

  1. hidayat subekti 24 Mei 2010 pada 13:43 #

    Untuk design sistem matv yang professional silakan japri aku ya : 021 71402324

Tinggalkan komentar